Dimana letak “WAKTU”?

Siapa yang tidak kenal Bill Gates? Setiap menyebut namanya,kita pasti teringat dengan Microsoft. Bill Gates selalu menghitung “harga” dari waktunya. Bagi seorang Bill Gates, setiap detik di dalam hidupnya sangat berharga. Ia selalu menghitung harga dari setiap menit bahkan detik yang dilewatinya.

Anda yang sedang membaca artikel ini, baik yang masih sekolah, kuliah, bekerja, berwiraswasta, dan apa pun itu bentuknya, coba ambil secarik kertas beserta kalkulator, kemudian hitung berapa “harga” yang Anda dapatkan setiap bulannya, dan kemudian bagi dengan jumlah hari di bulan tersebut. Berapakah hasilnya? Masih terlihatkah nominalnya? Kalau masih, coba bagi lagi dengan jumlah jam dalam satu hari yaitu 24. Sekarang, apakah Anda berani membaginya lagi jumlah menit bahkan detik dalam setiap jamnya?

Memang, segala sesuatu tidak bisa dikur dengan uang. Tetapi, tidak dapat dipungkiri  bahwa manusia berlomba – lomba mencari dan mendapatkan uang pada proses perjalanan hidupnya, bahkan beberpa mengatakan bahwa tujuan akhir dalam hidupnya adalah tentang uang. Everything is about “money”.

Itulah sebabnya ada pepatah yang mengatakan “Time is Money”. Seringkali kita mengucapkan peribahasa itu. Tapi apakah kita benar – benar tahu arti dibalik 3 kata tersebut? ““Waktu adalah Uang”, begitulah yang sering kita ucapkan. Sebenarnya, kebalikannya juga benar, “Money is Time”, “Uang adalah waktu.”

Mengapa demikian?  Bayangkan Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang punya cukup uang untuk membayar seseorang mengurus seluruh urusan rumah tangga Anda. Anda tidak perlu memasak, mencuci piring, menyetrika, dan sebagainya. Jika ada seseorang yang melakukan semua pekerjaan tersebut untuk Anda, Anda akan mempunyai lebih banyak waktu untuk diri Anda sendiri. Ini mengartikan bahwa Anda menukarkan uang Anda dengan waktu, bukan?

Jadi, bisa disimpulkan bahwa uang dapat membeli waktu. Memiliki banyak uang berarti memiliki lebih banyak waktu. Jadi, salahkah apabila manusia berlomba – lomba dalam kehidupan untuk mengejar dan mendapatkan uang? Secara sadar maupun tidak, itulah kita. Itulah manusia. Manusia selalu menganggap hidupnya akan lebih baik apabila memiliki lebih banyak uang. Sebenarnya, hidup manusia juga bisa lebih baik apabila ia bukan hanya bisa memiliki waktu, namun ia dapat menggunakan waktu yang ia punya dengan baik. Memaksimalkan seluruh potensi yang kita miliki, melakukan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain dengan waktu yang kita punya. Kita tidak tahu berapa lama waktu kita, berapa lama waktu yang kita punya untuk bisa tinggal di dunia ini. Mengapa tidak menggunakan ketidaktahuan yang kita punya untuk melakukan sseuatu yang kita tahu ADA MANFAAT nya bagi kehidupan kita dan orang lain?

Kita tidak pernah tahu bagaimana wujud waktu. Waktu bisa terasa lebih cepat bila kita melakukan hal yang kita cintai. Waktu tidak dapat berjalan mundur, namun kita dapat menggunakan waktu untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dan masa depan. Waktu begitu tajam bagikan pedang, ia dapat menolong atau bsia membunuh kita, tergantung dari bagaimana kita menggunakan waktu itu. Apakah dipergunakan dengan baik, ataukah hanya disia – siakan saja. Pilihlah!🙂

About Fenny Wongso

Keep in touch and you'll know more.. my twitter / line / Instagram : FennyWongso Feel free to share and Leave your comments here :)

Posted on April 21, 2012, in Articles and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: