Definisi Sikap

Masalah sikap merupakan masalah yang urgen di bidang psikologi sosial. Mengapa?

Beberapa ahli mengemukakan pengertian tentang sikap, diantaranya (dalam Azwar, 1988) :

1. Thurstone, yang berpandangan bahwa sikap merupakan suatu tingkatan afek, baik itu bersifat positif maupun negatif dalam hubungannya dengan objek – objek psikologis.

2. Sheriff & Sheriff (1956), berpandangan bahwa sikap menentukan keajengan dan kekhasan perilaku seseorang dalam hubungannya dengan stimulus manusia atau kejadian – kejadian tertentu. Sikap merupakan suatu keadaan yang memungkinkan timbulnya suatu perbuatan atau tingkah laku.

Sehingga dapat  disimpulkan bahwa definisi sikap :

1. Berorientasi kepada respon

  •  Sikap adalah suatu bentuk dari perasaan, yaitu perasaan mendukung atau memihak maupun perasaan tidak mendukung pada suatu objek.

2. Berorientasi kepada kesiapan respon

  •  Sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara-cara tertentu, apabila dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.
  •  Suatu pola perilaku, tendensi atau kesiapan antisipatif untuk menyesuaikan diri dari situasi sosial yang telah terkondisikan.

3. Berorientasi kepada skema triadik

  •  Sikap merupakan konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif, dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan, dan berperilaku terhadap suatu objek di lingkungan sekitarnya.

 

Secara sederhana sikap didefinisikan –> Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu .  Ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap beberapa hal.

Dari pengertian – pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli tersebut dapat ditemukan unsur yang hampir sama pada sikap, yaitu sikap merupakan kecenderungan untuk bertindak dan bereaksi terhadap suatu stimulus. Oleh karena itu, manifestasi sikap tidak dapat langsung dilihat, akan tetapi harus ditafsirkan terlebih dahulu sebagai tingkah laku yang masih tertutup (Dayaksini, 2003).

About Fenny Wongso

Keep in touch and you'll know more.. my twitter / line / Instagram : FennyWongso Feel free to share and Leave your comments here :)

Posted on June 21, 2012, in Sikap and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: