Kerukunan

Kerukunan merupakan kondisi dimana semua golongan agama bisa hidup bersama secara damai tanpa mengurangi hak ataupun kebebasan masing – masing untuk menganut dan melaksanakan kewajiban agamanya. Kerukunan adalah istilah yang dipenuhi oleh muatan makana “baik” dan “damai”. Initnya, hidup bersama dalam masyarakat dengan “kesatuan hati” dan “bersepakat” untuk tidak menciptakan perselisihan dan pertengkaran. Bila makna tersebut dijadikan pegangan, maka “kerukunan” adalah sesuatu yang ideal yang didambakan oleh masyarakat.

Namun, apakah perselisihan dan pertengkaran yang terjadi saat ini adalah didikan nenek moyang kita? Atua perselisihan dan pertengkaran memang sudah sehakekat dengan kehidupan manusia sehingga dambaan terhadap “kerukunan” itu ada karena “ketidakrukunan” itupun sudah menjadi kodrat dalam masyarakat manusia?

Pertanyaan seperti tersebut di atas bukan menginginkan jawaban akan tetapi hanya untuk mengingatkan bahwa manusia itu senantiasa bergelut dengan tarikan yang berbeda arah, antara harapan dan kenyataan, antara cita – cita dan yang tercipta.

Dikutip dari Diktat Perkuliahan Agama Buddha UKM Buddhis USU

About Fenny Wongso

Keep in touch and you'll know more.. my twitter / line / Instagram : FennyWongso Feel free to share and Leave your comments here :)

Posted on August 15, 2012, in Random and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: