Ngapain sih kuliah?

Kehidupan ini seperti sudah ada peraturannya. Seiring perkembangannya, manusiadiajarkan cara berjalan, berbicara, sampai menulis. Dan wajib hukumnya bagi anak yang berusia minimal 4 tahun untuk masuk sekolah. Sampai pada waktu dimana anak itu melanjutkan pendidikannya di bangku SD, SMP, hingga SMA. Dan setelah lulus dari bangku sekolah, banyak juga dari kita yang diwajibkan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Tapi sayangnya banyak dari kita yang sekedar ikut-ikutan aja, tanpa tahu tujuan mereka sebenarnya untuk masuk ke suatu perguruan tinggi.

Dari survei kecil-kecilan yang saya lakukan beberapa waktu lalu, saya memperoleh jawaban yang “lucu-lucu”. Ngapain sih kuliah? And here are what they said :

  • Ga lengkap rasanya sekolah kalau gak kuliah. Jadi ya jalanin aja selagi mampu.
  • Ya supaya dapat gelar lah. Zaman sekarang susah cari kerja kalu ga ada embel-embel gelar pendidikan di belakang nama.
  • Sebenarnya gue gak kepengen kuliah. Cuma mau senengin hati orang tua aja sih. Jadi ya kuliah aja deh, ga ada ruginya juga.
  • Kuliah di universitas ini dan memilih jurusan ini karena peluang pekerjaannya lebih terbuka lebar.
  • Saya sendiri juga ga tau ngapain kuliah. Ya udah kayak tradisi aja sehabis lulus SMA, kuliah, wisuda, kerja.

Lucu memang, tapi mungkin kita termasuk salah satu orang yang punya alasan yang sama. Saya sendiri juga masih kuliah, dan sampai sekarang sebenarnya juga masih mencari dan memantapkan sebenarnya apa sih tujuan saya kuliah? Apakah saya termasuk salah satu dari poin-poin yang saya sebutkan di atas? Ya mudah-mudahan enggak :)

Kenapa ya kok gak ada orang yang tujuan kuliahnya adalah untuk mencari teman, menambah relasi, dan bisa bersosialisasi dengan lebih banyak orang lagi di kampus? Kuliah itu sebenarnya memberikan kita peluang yang sangat besar untuk bisa mengenal orang lain dengan berbagai macam latar belakang mereka yang berbeda-beda. Tentunya bukan semata-mata itu. Kalau memang udah niat mau kuliah ya harus diselesaikan, jangan setengah-setengah. Kalau emang ga punya tujuan dan keinginan untuk kuliah, ngapain dilanjutkan? Wasting time.. :)

About Fenny Wongso

Keep in touch and you'll know more.. my twitter / line / Instagram : FennyWongso Feel free to share and Leave your comments here :)

Posted on September 10, 2012, in Random and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: