The Reader

The Reader, adalah film drama yang diangkat dari novel yang ditulis oleh Bernhard Schlink pada tahun 1995. Film ini ditulis oleh David Hare dan disutradarai oleh Stephen Daldry. Film yang berdurasi 124 menit ini dirilis pada tanggal 10 Desember 2008 di Jerman dan Amerika.

Peristiwa ini dimulai di Berlin, Jerman, di mana seorang remaja pria berusia 15 tahun,  Michael Berg (David Kross) sedang mengembara dan kemudian berhenti di depan pintu gedung apartemen terdekat di mana ia mulai merasa tidak enak badan dan muntah. Hanna Schmitz (Kate Winslet), yang bekerja sebagai konduktor trem disana, datang dan membantu dia di kembali ke rumah. Michael didiagnosis menderita demam berdarah dan harus beristirahat di rumah selama tiga bulan.

Setelah ia sembuh, ia kembali ke gedung apartemen itu untuk memberikan karangan bunga kepada Hanna di apartemennya sebagai ucapan terima kasih padanya. Sejak saat itu, Michael selalu singgah ke apartemen milik wanita berusia 36 tahun itu setiap hari setelah sekolah. Saat itu Michael sedang berada di masa peralihan, yang tentu sangat ingin mengenal wanita. Bisa dikatakan “masa puber” untuk kaum pria. Dan tentu saja hasrat ingin “bercinta” dipenuhi oleh Hanna. Disini Michael pertama kali mengenal seks. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk bercinta di apartemen milik Hanna sementara Michael senang membacakan literatur berupa karya sastra yang dipelajarinya di sekolah, seperti Emilia Galotti, The Odyssey, The Lady with the Little Dog, Adventures of Huckleberry Finn.

Hubungan diantara mereka mulai kandas ketika Hanna tiba – tiba pergi tanpa meninggalkan pesan. Ia seakan menghilang. Setelah itu, Michael pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah hukum “Law School Heidelberg”. Delapan tahun kemudian (1966), Michael, yang berprofesi sebagai pengacara muda, sedang menangani sebuah kasus beberapa mantan anggota Nazi yang terlibat dalam kejadian mengerikan yang mengakibatkan matinya 300 kaum Yahudi. Tetapi pada saat itu, dilema batin berkecamuk menjadi satu. Michael kembali bertemu dengan Hanna. Tetapi kali ini wanita itu sedang diadili atas pembantaian tiga ratus orang dalam kamp konsentrasi di mana ia bekerja.

Meski terancam hukuman yang sangat berat, namun Hanna menolak membela diri dan Michael akhirnya sadar bahwa wanita yang pertama kali mengenalkannya pada cinta ini menyembunyikan satu rahasia besar yang tak mungkin diungkapkannya. Meskipun rahasia itu bisa saja membebaskannya dari ancaman hukuman.

About Fenny Wongso

Keep in touch and you'll know more.. my twitter / line / Instagram : FennyWongso Feel free to share and Leave your comments here :)

Posted on September 13, 2012, in Movies and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: